Analisis Kinerja Ruang Parkir Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Solok

  • Wilton Wahab Institut Teknologi Padang
  • Angelalia Roza Institut Teknologi Padang
  • Muhammad Ilham Ramadhan Institut Teknologi Padang
Keywords: Kapasitas Ruang Parkir, Durasi Parkir, Tingkat Pergantian Parkir, Indek Parkir, Manajemen Parkir

Abstract

Parkir merupakan bagian dari fasilitas yang menyatu dari sistem jalan secara keseluruhan. Parkir merupakan permasalah umum pada transportasi perkotaan, baik di kota berkembang maupun di kota besar. Masalah parkir juga merupakan sesuatu yang tidak dapat diatasi oleh beberapa fasilitas umum seperti rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir dan manajemen perparkiran. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei pencacahan langsung dilokasi Rumah Sakit Tentara Kota Solok. Dari hasil analisa yang dilakukan di area parkir Rumah Sakit Tentara Kota Solok (On Street Parking), didapatkan akumulasi parkir untuk kendaraan roda dua selama 4 hari dalam interval waktu 15 menit didapatkan jumlah kendaraan yang tertinggi pada hari Rabu sebanyak 110 kendaraan dengan 80 SRP, sedangkan untuk kendaraan roda empat sebanyak 26 kendaraan dengan 18 SRP oleh karena itu permintaan kebutuhan ruang parkir tidak dapat dipenuhi karena kapasitas ruang parkir yang tersedia tidak mampu untuk menampung kendaraan pengunjung rumah sakit, sehingga perlu penambahan untuk memenuhi kebutuhan parkir pada jam puncak atau pada waktu akumulasi parkir maksimum yang sesuai dengan Pedoman Teknis Penyelenggara Fasilitas Parkir dengan jumlah tempat tidur 80 maka jumlah SRP yang dibutuhkan sebanyak 104 SRP. Dari 100 responden yang mengisi kuesioner, rata-rata dari 8 pertanyaan mengenai kenyaman, keamanan dan operasional responden memilih cukup. Dengan adanya masalah parkir dibahu jalan sebaiknya pengatur parkir perlu dikembangkan terutama pada waktu sibuk kendaraan memasuki area agar tidak mengganggu siklus kendaraan lainnya, perlu diberi batasan-batasan parkir seperti petak-petak parkir sehingga tidak ada kendaraan yang parkir sembarangan dan memberikan rekomendasi kepada pihak Rumah Sakit Tentara Kota Solok untuk menyediakan lahan parkir yang memadai sesuai dengan Direktur Jenderal Perhubungan Darat 1996 yaitu sebanyak 104 SRP.

References

Andre Bagas Aryoto. 2021. Studi Kapasitas Parkir Pada Kantor Unit Pelayanan Daerah (UPPD) Banjarmasin 1 Provinsi Kalimantan Selatan.

Departemen Perhubungan.. 1996. Keputusan Jenderal Perhubungan Darat Nomor 272/Hk.105/Drjd/96 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1998.

Eko Nugroho Julianto. 2015. Analisis Kapasitas Ruang Parkir Mobil Penumpang Off Street FIK dan FT Di Universitas Negeri Semarang.

Hobbs, F. D. 1995. ”Perencanaan Dan Teknis Lalu Lintas, Edisi 2 (Terjemahan)”. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Leni Srihayani. 2015. Analisa Ruang Parkir Kendaraan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani Kota Metro.

Prasetyo. 2014. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Pada Kawasan Pusat Perdagangan Kota Tomohon.

Putu Preantjaya Winaya. .2017. Analisis Karakteristik Dan Solusi Parkir Di Badan Jalan Di Universitas Udayana.

Roma Putra. 2018. ”Analisis Kapasitas Ruang Parkir Rumah Sakit Dr Reksodiwirjo Kota Padang”.

Urip Puji Sulistyo Adi. 2016. Analisa Kebutuhan Penyediaan Ruang Parkir Akibat Beroprasinya Rumah Sakit Kharitas Bhakti di Jalan Siam Kota Pontianak.

Published
2023-05-02
How to Cite
Wahab, W., Roza, A., & Ramadhan, M. (2023). Analisis Kinerja Ruang Parkir Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Solok. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 20(1), 81-90. https://doi.org/10.30630/jirs.v20i1.1051
Section
Articles