Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil (JIRS) adalah media bagi para akademisi, praktisi dan mereka yang berminat masalah rekayasa sipil untuk tukar menukar informasi dan pengalaman dengan menuangkan ide, pemikiran, solusi, maupun pemecahan masalah. Karena dibuat sesuai prosedur penulisan ilmiah, artikel yang dimuat bukan pandangan redaksi, dan tanggung jawab isinya pun sepenuhnya pada penulis.

 Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil (JIRS) adalah sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikanuntuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam  bidang Rekayasa Sipil namun tak terbatas secara implisit.  Jurnal menerbitkan secara berkala dua kali setahun yaitu pada April dan OktoberSemua publikasi di JIRS bersifat terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan.

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil (JIRS) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Bidang Ilmu Teknik Sipil yang melingkupi bidang Rekayasa Struktur, Geoteknik, Transportasi, Teknik Sumber Daya Air, Manajemen Konstruksi, Jalan dan Jembatan. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Teknik Sipil.

Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil (JIRS) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian pada:

  1. Rekayasa Struktur
  2. Bahan dan Material
  3. Geoteknik
  4. Rekayasa Lingkungan
  5. Struktur Bangunan Air
  6. Irigasi dan Rawa
  7. Transportasi
  8. Perancangan dan Perkerasan Jalan
  9. Perancangan Jembatan
  10. Manajemen Rekayasa Konstruksi
  11. Topik kajian lainnya yang relevan

Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.

Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses Cek Plagiat melalui alat bantu plagiarisma.net. Jika diindikasi mayor plagiarisme maka Naskah ditolak untuk terbit.