Analisis Angkutan Sedimen Bed Load dan Sedimen Suspended Load pada Sungai Ngolang dan Sungai Tebelo di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

  • Giri Putra IB Uniersitas Mataram
  • Wirahman W Universitas Mataram
  • Yusril Y Universitas Mataram
  • Yasa IW Universitas Mataram
  • Saadi Y Universitas Mataram
Keywords: Sedimentasi, Sungai Ngolang, Sungai Tebelo, MPM, Einstein, USBR.

Abstract

Permasalahan sedimentasi yang terjadi pada Sungai Ngolang dan Sungai Tebelo perlu mendapatkan perhatian, karena sedimen yang terus-menerus menumpuk di dasar sungai dapat menyebabkan pendangkalan, sehingga saat hujan dengan intensitas tinggi turun, aliran air sungai dapat meluap dan menyebabkan banjir yang membawa material sedimen. Seperti banjir yang melanda beberapa desa di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada Januari 2021 silam. Desa Kuta menjadi wilayah terdampak banjir terparah dengan setidaknya 12 dusun tergenang air banjir yang bercampur lumpur. Berdasarkan peristiwa tersebut, maka dilakukan penelitian terkait angkutan sedimen pada Sungai Ngolang dan Sungai Tebelo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah angkutan sedimen yang terjadi pada Sungai Ngolang dan Sungai Tebelo. Pengukuran dilakukan pada dua lokasi di masing- masing sungai dan dilanjutkan dengan pengujian laboraturium. Pengujian di laboraturium terdiri dari uji gradasi butiran, uji berat jenis dan uji konsentrasi sedimen. Untuk analisis sedimen dasar (bed load) digunakan Metode M.P.M dan Einstein.

Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode M.P.M, jumlah angkutan sedimen dasar yang terjadi pada Sungai Ngolang sebesar 9,613 m3/hari dan pada Sungai Tebelo terjadi sebesar 5,119 m3/hari. Sedangkan hasil analisis menggunakan metode Einstein, jumlah angkutan sedimen dasar yang terjadi pada Sungai Ngolang sebesar 1,076 m3/hari dan pada Sungai Tebelo terjadi sebesar 0,721 m3/hari.

References

Anonim. 2021. Modul Praktikum Mekanika Tanah1. Mataram: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Asdak, C. 2010. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardiyatmo,H.C. 2016. Mekanika Tanah I Edisi ke-4. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyantoro, D. 1987. Teknik Pengangkutan Sedimen. Malang: Himpunan Mahasiswa Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Putra, I.B.G., dkk. 2016. “Analisis Sedimentasi pada Saluran Utama Bendung Jangkok”.SpektrumSipilVol.3,No.2.

ISSN1858-4896.

Saud,I.2008.“Prediksi Sedimentasi Kali MasSurabaya”.JurnalAPLIKASIVol.4,No.1.ISSN1907-753X.

Soemarto,C.D.1999. Hidrologi Teknik Edisi ke-2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Soewarno.1991.Hidrologi Pengukuran Dan Pengolahan Data Aliran Sungai (Hidrometri). Bandung: Penerbit NOVA.

Published
2022-11-17
How to Cite
IB, G., W, W., Y, Y., IW, Y., & Y, S. (2022). Analisis Angkutan Sedimen Bed Load dan Sedimen Suspended Load pada Sungai Ngolang dan Sungai Tebelo di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 19(2), 182-190. https://doi.org/10.30630/jirs.v19i2.887
Section
Articles