Pengaruh Penambahan Limbah Serbuk Pvc Pada Campuran Laston Lapis Aus
Abstract
Konstruksi perkerasan jalan merupakan konstruksi yang terletak antara lapisan tanah dasar dan roda kendaraan. Pada umumnya, lapisan campuran material penyusun perkerasan saling terintegrasi. Hal tersebut dikarenakan fungsi utama dari lapisan penyusun tersebut adalah untuk mereduksi beban yang terjadi dari kendaraan-kendaraan yang melintas dan selanjutnya didistribusikan ke lapisan yang terletak dibawahnya. Perkerasan jalan dibagi menjadi tiga yaitu perkerasan kaku (rigid pavement) dimana material pengikatnya menggunakan semen, perkerasan lentur (flexible pavement) dimana material pengikatnya menggunakan aspal, dan perkerasan komposit dimana material pengikatnya merupakan kombinasi antara aspal dan semen. Pada penelitian ini dibahas tentang penggunaan limbah PVC sebagai alternatif untuk meningkatkan mutu pada campuran perkerasan. Limbah PVC tersebut akan dicampur dengan material penyusun campuran lainnya yang telah disesuaikan dengan standar-standar yang berlaku. Limbah PVC yang tidak dapat diolah akan menumpuk dan beresiko mencemari lingkungan dan mengancam kesehatan. Oleh karena itu, pemanfaatan limbah PVC ini diharapkan dapat mengurangi jumlah limbah PVC. Dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan beda uji konvensional memiliki nilai rata-rata MQ 825.769 kg/mm, nilai rata-rata VIM 6.833%, nilai rata-rata VMA 19.475% dan nilai rata-rata VFA 77.888%. Sedangkan benda uji yang ditambahkan limbah PVC dengan persentase berturut-turut 2%, 4% dan 6% memiliki nilai rata-rata MQ 734.180 kg/mm, 820.691 kg/mm dan 1165.360 kg/mm. Nilai rata-rata VIM 7.0%, 6.9%, dan 6.7%. Nilai rata-rata VMA 19.575%, 19.213%, 19.352%. Nilai rata-rata VFA 78.791%, 85.657%, 84.782%.
References
Afriyanto, B., Indriyati, E. W., & Hardini, P. (2019). Pengaruh Limbah Plastik Low Density Polyethylene Terhadap Karakteristik Dasar Aspal. Jurnal Transportasi, 19(1), 59–66. https://doi.org/10.26593/jt.v19i1.3263.59-66
Beycioğlu, A., Kaya, O., Yıldırım, Z. B., Bağrıaçık, B., Dobiszewska, M., Morova, N., & Çetin, S. (2020). Use of GRP pipe waste powder as a filler replacement in hot-mix asphalt. Materials, 13(20), 1–15. https://doi.org/10.3390/ma13204630
BKPP Kabupaten Demak. (2020). Dampak Negatif Sampah Plastik, Kesehatan Hingga Lingkungan -BKPP Kabupaten Demak. https://bkpp.demakkab.go.id/2020/06/dampak-negatif-sampah-plastikkesehatan.html
DIANSARI, S. (2016). Aspal Modifikasi Dengan Penambahan Plastik Low Liniear Density Poly Ethylene (LLDPE) Ditinjau Dari Karakteristik Marshall Dan Uji Penetrasi Pada Lapisan Aspal Beton (AC-BC). Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.
Gunadi, M., Thanaya, I., & Negara, I. (2016). Analisis Karakteristik Campuran Aspal Beton Lapis Aus (Ac-Wc) Dengan Menggunakan Plastik Bekas Sebagai Bahan Pengganti Sebagian Agregat. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 17(2), 191–201.
Salman, N., & Jaleel, Z. (2018). Effects of Waste PVC Addition on The Properties of (40-50) Grade Asphalt. MATEC Web of Conferences, 162(September). https://doi.org/10.1051/matecconf/201816201046
Sari, Y. A. (2021). Analisa Karakteristik Campuran Aspal Menggunakan Serbuk Kaca. 2(1), 84–98.
Siregar, N. A. (2019). Pengaruh Penambahan Plastik Jenis Low Density Polyethylene ( LDPE ) Terhadap Karakteristik Campuran Aspal AC-WC. 1–63.
Suroso, T. W. (2008a). Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Dini Pada Perkerasan Jalan.
Suroso, T. W. (2008b). Pengaruh Penambahan Plastik LDPE Cara Basah dan Cara Kering. Teknik Sipil, 3, 208–222.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.