Evaluasi Pengaruh Getaran Kendaraan Truk dan Variasi Jarak terhadap Kerusakan Bangunan
Abstract
Getaran yang terjadi di jalan raya merupakan salah satu dampak yang disebabkan oleh kenaikan jumlah kendaraan berat dan kondisi jalan yang semakin memburuk, sehingga menyebabkan kerusakan bangunan yang ada di sekitar jalan (Osama Unaidi, 2008). Penelitian yang mengkaji hubungan antara kerusakan bangunan dengan intensitas getaran di jalan raya sudah banyak dilakukan, namun demikian kajian yang secara spesifik melihat hubungan intensitas getaran pada akses jalan menuju areal pabrik (gudang) belum banyak dilakukan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya getaran yang dihasilkan oleh truk tronton dan dampaknya terhadap kerusakan bangunan. Untuk menjawab tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah uji coba semi lapangan terhadap getaran yang bersumber dari truk tronton 30 ton yang divariasikan dengan jarak (50 cm dan 100 cm dari sumber getaran). Metode pengukuran mengacu pada INSTRUCTION MANUAL VIBRATION LEVEL METER, yang dihasilkan kemudian dievaluasi berdasarkan KEPMEN LH 49/MENLH/II/1996.
Penelitian menunjukkan bahwa getaran yang diukur pada jarak 50 cm masuk dalam katagori B, sedangkan pada jarak 100 cm masuk dalam katagori A. Berdasarkan KEPEMN LH 49/MENLH/II/1996, Katagori B (pada frekuensi alat 31,5 Hz) menunjukkan kemungkinan adanya keretakan atau terlepas plesteran pada dinding pemikul beban dan untuk katagori A (frekuensi alat 31,5 HZ) menunjukkan tidak adanya kerusakan pada bangunan. Kondisi ini bisa berubah apabila jumlah, beban dan kecepatan kendaraan yang terjadi lebih besar (seperti halnya di jalan arteri). Tingkat kerusakan bangunan yang ada akan berbeda, bahkan bisa jadi akan menimbulkan kerusakan yang lebih besar.