Pelatihan Keterampilan Las Bagi Anak Asuh Panti Asuhan Bundo Saiyo

  • Dwina Archenita Politeknik Negeri Padang
  • Yurisman Yurisman Politeknik Negeri Padang
  • satwarnirat satwarnirat Politeknik Negeri Padang
  • Liliwarti Liliwarti Politeknik Negeri Padang
  • Hartati Hartati Politeknik Negeri Padang
  • Silvianengsih Silvianengsih Politeknik Negeri Padang
Keywords: Keterampilan las Panti asuhan Sharing ilmu Welding

Abstract

Keterampilan  merupakan salah satu  modal  yang  harus dimiliki oleh setiap  individu dalam menunjang  kehidupannya.  Salah  satu  keterampilan  yang  ada  dalam  ruang  lingkup  ilmu keteknikan pada umumnya, teknik sipil dan teknik mesin khusunya adalah keterampilan las. Berbagai  benda dan barang  yang ada disekeliling kita dibuat dan dirangkai dengan  sistem las,  seperti  pagar  besi,  kursi-kursi  dari  besi  yang  biasanya  terdapat  di  taman  atau  ruang terbuka dan masih banyak benda/barang lainnya. Bahkan selama berlangsung masa pandemi hingga sekarang, benda/barang yang sangat banyak diminati adalah tempat tatakan bunga dari besi, baik yang berdiri maupun yang digantung di dinding.

Panti Asuhan Bundo Saiyo merupakan salah satu panti asuhan yang berada di Kota Padang, yang berkomitmen tinggi dalam menampung, mengasuh, dan mendidik anak-anak yang tidak mampu, yatim piatu dan anak-anak terlantar baik yang berasal dari daerah sekitar bahkan banyak dari daerah luar kota Padang. Anak-anak tersebut memiliki usia yang bervariasi, mulai dari usia balita hingga ada yang sudah kuliah. Namun demikian pihak panti selain menyekolahkan mereka, juga memberikan keterampilan-keterampilan yang sekiranya berguna bagi masa depan mereka kelak.

Bertitik tolak dari hal tersebut dan adanya keinginan pengurus panti untuk memberikan keterampilan yang bermanfaat dan berhasil guna bagi anak-anak asuh nya serta dari hasil diskusi tim maka pemberian keterampilan las kepada anak-anak panti terutama yang laki-laki yang sudah berada di bangku sekolah menengah akan menjadi bekal yang baik bagi anak-anak tersebut nantinya.

Kegiatan pengabdian di Panti Asuhan Bundo Saiyo dilakukan oleh 2 orang staf pengajar yang berasal dari beberapa prodi di Jurusan Teknik Sipil dengan dibantu oleh 2 orang mahasiswa yang telah menguasai keterampilan las/welding. Kegiatan ini sebelumnya didahului dengan pengarahan atau penyuluhan. Disamping itu juga akan diberikan percontohan dan pelatihan.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya sharing ilmu dan keterampilan dari pihak perguruan tinggi kepada masyarakat dalam hal ini adalah keterampilan las bagi anak asuh pada Panti Asuhan Bundo Saiyo.

Published
2021-12-29
Section
Articles