Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Sosialisasi E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Sepatu Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

  • Dita Maretha Rissi Politeknik Negeri Padang
  • Ermataty Hatta Politeknik Negeri Padang
  • Rasyidah Mustika Politeknik Negeri Padang
Keywords: Pengelolaan Keuangan, Sosialisasi E-Commerce

Abstract

Program PKM bermitra pada usaha rumahan toko sepatu Forlanti yang berlokasi di Jalan Raya Gadut Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Mitra merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki anggota pelaku usaha yang menjalankan kegiatan usaha berupa produk sepatu wanita dan pria berbahan kulit. Usaha ini berdiri pada tahun 2000 yang didirikan oleh Ibu Sukani. Dalam melakukan kegiatan usaha, pemilik belum melakukan pengelolaan keuangan berbasis UMKM yang baik dan benar. Sehingga usaha ini tidak memiliki catatan keuangan yang terstruktur. Selain itu, usaha ini masih melakukan pemasaran secara konvensional, dimana usaha ini hanya mengandalkan pelanggan datang ke toko tanpa adanya kombinasi pemasaran berbasis online. Sehingga pangsa pasar pada usaha ini masih sangat terbatas. Mengingat dan menimbang saat ini sangat dibutuhkan penjualan berbasis digital atau online yang bertujuan untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan profit dimasa yang akan datang. Berdasarkan analisis situasi tersebut, permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah belum ada pengelolaan keuangan dan minimnya pengetahuan serta keterampilan mengenai e-commerce dalam kegiatan usaha sebagai sarana pemasaran. Dengan demikian, solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yaitu dilakukan pelatihan pengelolaan keuangan berbasis UMKM dan diberikan sosialisasi terkait dengan e-commerce. Adapun metode kegiatan diawali dengan tahap persiapan, kemudian tahap persiapan dan terakhir tahap pelaporan yang direncanakan selesai dalam waktu empat bulan. Hasil dan luaran dari kegiatan ini adalah mitra mengalami peningkatan pemahaman, pengetahun, dan keterampilan mengenai pengelolaan keuangan berbasis UMKM dan penggunaan media online sebagai sarana perluasan pangsa pasar yang bertujuan untuk meningkatkan profit dimasa yang akan datang.

Published
2022-08-31
Section
Artikel