Pelatihan Optimalisasi Smartphone untuk UMKM sebagai Media Promosi di Masa Pandemi

  • Meri Azmi Politeknik Negeri Padang
  • Yance Sonatha
  • Nurhayati - Politeknik Negeri Padang
Keywords: UMKM, Digital Marketing, Smartphone

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Mereka adalah ujung tombak perputaran ekonomi dalam negeri. Terlebih di masa pandemi Covid-19, UMKM memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional di tengah situasi yang tak pasti. Naasnya, UMKM juga menjadi kelompok yang rentan di tengah situasi pandemi. Tak sedikit UMKM jatuh tengkurap akibat badai ini. Misalnya saja, warung-warung kecil yang terpaksa tutup karena sepi pembeli. Mau tak mau pemilik UMKM harus mulai berpikir untuk memasarkan produk mereka secara digital, salah satunya adalah melalui social media. Dengan demikian, para pelaku UMKM memiliki pilihan lain dalam memasarkan produknya pada masa pandemi Covid-19 ini.

Namun yang terjadi saat ini masih banyak UMKM yang belum memahami dan mengerti bagaimana caranya agar bisa memasarkan produk mereka melalui digital marketing ini, dan kalaupun ada foto produk yang mereka tampilkan di social media kurang menarik minat pembeli. UMKM masih banyak yang gagap teknologi dalam penggunaan smartphone dalam memasarkan produk mereka. Ada UMKM yang sudah melakukan pemasaran di social media yang dimiliki tetapi belum optimal karena belum memahami secara mendalam cara penggunaan dan strateginya dan banyak UMKM yang belum bisa mengoptimalkan pemakaian smartphone untuk membuat foto produk yang menarik minat calon pembeli.

Untuk itu dibutuhkan sebuah pelatihan yang dapat meningkatkan pemahaman UMKM tentang digital marketing dan bagaimana membuat foto produk yang menarik yang dapat dipraktekkan secara lansung saat pelatihan dengan menggunakan aplikasi Snapseed, Canva dan Phonto melalui optimalisasi penggunaan smartphone sehingga dapat meningkatkan omset UMKM pada saat pandemi Covid-19 ini.

Published
2021-12-21
Section
Articles