Peningkatan Softskill Berkomunikasi Tim Penggerak PKK Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang Melalui Pelatihan Public Speaking

  • Silvia Djonnaidi Politeknik Negeri Padang
  • Difiani Apriyanti Politeknik Negeri Padang
  • Nini Wahyuni Politeknik Negeri Padang
  • Hamidah Izzatu Laily Politeknik Negeri Padang
Keywords: public speaking, PKK, masyarakat

Abstract

Pelatihan public speaking sangat dibutuhkan oleh kader PKK Kecamatan dari Lubuk Kilangan yang Sebagai mitra pemerintah yang kesehariannya terjun langsung ke masyarakat. Sebagai mitra pemerintah, kader PKK harus mampu menyampaikan, mensosialisasikan, dan memberikan edukasi serta penyuluhan kepada masyarakat secara langsung agar program-program yang telah dicanangkan dapat terlakasa dengan baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, masih banyak kader PKK yang masih belum terampil untuk tampil didepan umum. Banyak yang merasa malu, takut, kurang percaya diri, tidak siap dan tidak menguasai konten yang akan disampaikan. Hal ini tentu dapat menghambat program pemerintah yang seharusnya tersampaikan ke masyarakat. Karenanya, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada kader PKK khususnya di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada hari jumat tanggal 12 Mei 2023 yang diikuti oleh 15 orang terdiri dari ketua dan sekretaris dari 7 kelurahan di kecamatan Kilangan tersebut. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari teori dan praktek yang menekankan pada speech dan master of ceremony. Metode dari kegiatan pengabdian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Menurut hasil survei yang dilakukan pada 12 peserta, 66,7% peserta sangat setuju bahwa topik dan materi kegiatan pengabdian ini sesuai dengan kebutuhan kader PKK Lubuk Kilangan, 100% peserta menyatakan ada peningkatan kompetensi dan pengetahuan dan 58,3% peserta menyatakan adanya peningkatan ekonomi/ kesejahteraan mitra setelah pengabdian dilaksanakan. Kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu memberikan perubahan kepada mitra, sehingga terjadinya peningkatan kualitas dan kompetensi yang dimiliki khususnya dalam bidang public speaking.

    

 

References

[1] Mustamu, R.H, “Menjadi Pembicara Publik Andal: Fenomena Public Speaker, Antara Kebutuhan dan Tren,” Jurnal Komunikasi Islam, Volume 02, Nomor 02, Desember 2012.

[2] Yee, K.M.& Abidin, M.J.Z., “The Use of Public Speaking in Motivating ESL Learners to Overcome Speech Anxiety,” International Journal on Studies in English Language and Literature, vol 2, no11, pp127-135, 2014.

[3] Bahar, P., Seni Membawakan Pidato dan MC. Yogyakarta: Chivita Books, 2016.

[4] Zainal, A.G, Public Speaking Cerdas Berbicara di Depan Umum. Purbalingga: CV Eureka Media Aksara, 2022.

[5] Oktavianti, R dan Rusdi, F., Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi yang Efektif, Jurnal Bakti Masyrakat Indonesia.vol2, no,1 pp117-122, 1 Mei 2019.

[6] lucas, S., The Art if Public Speaking,12thed. MC Graw Hill: New York. 2015

[7] Pahrudin, P., Pengantar Ilmu Public Speaking. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2020

[8] Aryadillah, Kecemasan Dalam Public Speaking.Cakrawala. vol. XVII, no.1, 2 September 2017

[9] Panayiotou, G., et.al., Psychophysiological and Self Reported Reactivity Associated with Social Anxiety and Public Speaking Fear Symptoms: Effects of Year Versus Distress. Psychiatry Research. Vol 255, pp 278-286. September 2017

[10] Esposito, J.E., Overcome Your Fear of Public Speaking and Performing. Strong Books-Publishing Direction, LLC. 2007.
Published
2023-09-16
Section
Artikel