Pelatihan Tata Kelola Sistem Informasi Untuk Nagari Binaan Politeknik Negeri Padang Di Nagari Ranah Pantai Cermin

  • Fanni Sukma politeknik negeri padang
  • Ervan Asri Politeknik Negeri Padang
  • Yuhefizar Yuhefizar Politeknik Negeri Padang
  • Ulfa Asmi Politeknik Negeri Padang

Abstract

Nagari merupakan sebuah wadah yang memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong masyarakatnya dalam melakukan inovasi baik dibidang ekonomi, maupun teknologi. Teknologi tersedia untuk mempermudah berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Nagari diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu masyarakat dalam mengelola informasi dan data yang ada di nagari tersebut. Pengelolaan dan pengolahan data yang berhubungan dengan layanan publik di suatu nagari sangatlah penting. Data tersebut merupakan informasi yang valid yang harus diperbarui secara berkala.  

Nagari Ranah Pantai Cermin terletak di kecamatan Sangir Batang Hari, kabupaten Solok Selatan, provinsi Sumatera Barat. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Nagari Ranah Pantai Cermin, Politeknik Negeri Padang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian akan membangun dan memberikan pelatihan tata kelola sebuah sistem yang dapat menampung dan mengelola data masyarakat di Nagari Ranah Pantai Cermin yang akan dikenal sebagai SINAR(Sistem Informasi Nagari) .

SINAR adalah layanan berbasis website untuk memudahkan nagari dalam memberikan layanan kepada masyarakat, mulai dari layanan data kependudukan, layanan surat menyurat, aplikasi surat masuk dan keluar, pemetaan, pertanahan, dan lainnya.

Published
2021-08-29
Section
Articles