Aplikasi Sistem Pencatatan Akuntansi Dan Pengendalian Internal Pada Koperasi Serba Usaha Dimasa Pandemi Covid-19

  • Sukartini - - Politeknik Negeri Padang
  • Armel Yentifa Politeknik Negeri Padang
Keywords: Koperasi serba usaha, sistem pencatatan akuntansi, pengendalian internal

Abstract

Melihat besarnya peran koperasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, maka banyak bermunculan koperasi, baik koperasi sebuah komunitas maupun koperasi karyawan suatu lembaga/badan usaha. Dalam perannya, koperasi kerap memberi bantuan, seperti kredit atau pinjaman dana kepada anggota dalam hal finansial. Pembentukan koperasi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di Indonesia.

Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada Koperasi Karyawan PT. ASKES Sumatera Barat yang kini telah berganti menjadi BPJS Kesehatan. Besarnya potensi pertumbuhan usaha koperasi karyawan PT. ASKES Sumbar tentu saja harus dibarengi dengan peningkatan kemampuan pengelolanya dalam menyampaikan laporan aktifitas dan keuangan koperasi. Karena terbatasnya kompetensi SDM pengurus dan pegawai  mitra serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya pencatatan dan laporan keuangan, untuk membantu mitra menyelesaikan permasalahannya akan diberikan pelatihan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan dalam bentuk program pendampingan implementasi sistem pencatatan akuntansi dan pengendalian internal.

Luaran yang akan dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah terlatihnya pengurus dan staf dalam melakukan pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Pendekatan yang ditawarkan pada mitra adalah; melakukan penataan pembukuan akuntansi pada unit usaha simpan pinjam di mitra, workshop dan pelatihan sistem pencatatan akuntansi dan pengendalian internal bagi usaha koperasi serba usaha, serta melakukan pendampingan implementasi sistem pencatatan akuntansi dan pengendalian internal pada Koperasi Karyawan PT. ASKES Sumbar. Selain itu juga akan dihasilkan modul sistem pencatatan akuntansi dan pengendalian internal pada koperasi serba usaha yang dapat dipedomani oleh Koperasi Karyawan PT. ASKES Sumbar.

Published
2020-11-11
Section
Artikel