Kegiatan Stay at Home Kelompok PKK RT 03 RW 03 Kel. Bungus Timur

  • Dwina Archenita Politeknik Negeri Padang
  • Liliwarti Liliwarti
  • Desnila Sari
Keywords: Stay At Home Pupuk cair Kelompok PKK Pandemik Covid-19

Abstract

Kecamatan Bungus Teluk Kabung merupakan salah satu dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang dan juga merupakan batas Kota Padang dengan daerah tk.2 lainnya yaitu Kabupaten Pesisir Selatan. Tidak jauh berbeda dengan di tempat-tempat lainnya, kelompok-kelompok kecil warga seperti kelompok PKK RT juga ada di sini dan cukup solid dalam melaksanakan berbagai kegiatan ataupun mengatasi berbagai permasalahan keluarga yang timbul. Salah satu kelompok PKK tersebut adalah kelompok PKK RT 03 RW 03 Kel.Bungus Timur. Selama ini kelompok PKK RT 03 RW 03 Kel.Bungus Timur yang beranggotakan ibu-ibu sebanyak 20 orang cukup berkontribusi dengan baik dalam menunjang berbagai kegiatan seperti kegiatan di bidang pertanian, yang merupakan mata pencaharian utama bagi masyarakat di wilayah ini.

Bidang pertanian merupakan salah satu upaya ketahanan pangan dalam menghadapi pandemik Covid-19 karena bagaimana pun pangan adalah kebutuhan pokok manusia. Namun demikian untuk perkembangan tanaman pertanian yang lebih baik, apakah itu persawahan ataupun perladangan tentunya membutuhkan pupuk. Dengan adanya pembatasan pergerakan orang selama pandemik Covid-19 ini maka pemenuhan kebutuhan pertanian terhadap pupuk yang selama ini sebahagian besar dibeli juga mengalami gangguan.

Tim pengabdian masyarakat memberikan penyuluhan, sosialisasi tentangĀ  cara pembuatan pupuk cair berbahan dasar air bekas cucian beras, yang merupakan satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka Stay At Home. Pelaksanaan pembuatan pupuk ini sangat mudah, dengan bahan yang mudah didapat dan biaya yang sangat murah. Nantinya diharapkan ibu-ibu kelompok PKK dapat memproduksi secara mandir/berkelompoki kebutuhan pupuknya.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah dapat memberikan wawasan, meningkatkan keterampilan/skill dan keinginan berinovasi bagi ibu-ibu kelompok PKK RT 03 RW 03 Kel.Bungus Timur, yaitu dengan membuat pupuk cair dengan bahan limbah.

Published
2020-11-09
Section
Articles