Pengaruh Pembelajaran Mendongeng Terhadap Karakter Peduli Lingkungan pada Anak di RPTRA Beringin Indah Rawamangun

  • aulia rachma Universitas Negeri Jakarta
  • Silvia Nita Nur Aryanti Universitas Negeri Jakarta
  • Ferra Rossa Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Anneu Fitriyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Rahma Aulia Universitas Negeri Jakarta
  • Devi Nur Khoirunisa Universitas Negeri Jakarta
  • Reni Nur Eriyani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: peduli lingkungan, literasi, mendongeng

Abstract

Sistem pengelolaan sampah yang kurang baik serta adanya pencemaran air dan udara menyebabkan kualitas lingkungan hidup yang rendah di masyarakat karena mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Keadaan ini menunjukkan bahwa tingkat kepedulian lingkungan di masyarakat masih sangat rendah. Setiap individu memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan. Untuk itu dibutuhkan sebuah tindakan guna meningkatkan kepedulian lingkungan di masyarakat sejak dini. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dilaksanakannya pelatihan mendongeng bertemakan lingkungan pada anak di RPTRA. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam beberapa proses yakni tahap perencanaan, tahap asesmen, tahap pelaksanaan dan tahap  evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan adanya pengaruh peningkatan karakter peduli lingkungan pada anak di RPTRA. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai pre-test post test sebesar 26% serta kemampuan anak untuk mendongeng bertemakan lingkungan. Kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu memberikan perubahan yang baik bagi anak-anak di RPTRA dalam peningkatan karakter peduli lingkungan. Pengaruh penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman pentingnya menjaga lingkungan, kegiatan mendongeng tidak hanya mengajarkan nilai – nilai lingkungan, tetapi juga mengembangkan kreativitas dan kemampuan komunikasi anak - anak. Dengan demikian pendekatan melalui pelatihan mendongeng dapat menjadi strategi yang efektif dalam menanamkan nilai kepedulian lingkungan sejak dini.

References

Astuti, A. D., & Putranti, I. R, “Implikasi Kebijakan Indonesia dalam Menangani Kasus Pencemaran Lingkungan oleh PT. Freeport terhadap Keamanan Manusia di Mimika Papua,” Journal of International Relations Universitas Diponegoro, 4(3), 547-555. 2018
Badan Pusat Statistik Indonesia. (30 November 2023). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2023. Diakses pada 6 Juni 2024, dari https://www.bps.go.id/id/publication/2023/11/30/d3456ff24f1d2f2cfd0ccbb0/statistik-lingkungan-hidup-indonesia-2023.html
Chakraborty, I., & Maity, P. (2020). Covid-19 Outbreak: Migration, Effects On Society, Global Environment And Prevention. Science Of The Total Environment, 728, 138882.
Hasibuan, M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara. 2016
Hidayat, N., Ningsih, W., Halim, U., & Agustina, A. (2023). Media Sosial sebagai Social Engineering untuk Membentuk Mindset Masyarakat dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(2), 954-965.
Najib M, dkk. Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta. Gava Media. 2016
Santika, I. G. N. Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha. 2021
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.
Van der Linden, M., et al. (2023). The social psychology of climate change. Nature Climate Change, 13(4), 260-267.
Published
2025-08-30
Section
Artikel