Pelatihan Mengelola Hasil Laut Menjadi Produk Kuliner Bagi Masyarakat Pantai
Abstract
Dilakukannya pelatihan ini untuk memberikan pelatihan mengelola hasil laut menjadi produk kuliner yang bernilai tinggi, di artikel ini membahas cara menyukseskan pelatihan ini dengan siapa saja stakeholder yang berkaitan untuk melaksankan pelatihan ini dan bagaiman kegiatan yang harus dilakukan dalam pelatihan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun subjek dari penelitian ini ialah masyarakat pantai, instruktur dan pengelolaan program pelatihan hasil laut. Adapun nara sumber dalam melakukan program ini ialah warga pantai, instuktur yang bertugas dalam melaksankan pelatihan program pengelolaan hasil laut di masyarakat pantai. Adapun penulis mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan melakukan kajian literature dan studi pustaka. Adapun dari hail penelitian proses yang dilakukan dalam kegiatan pelatihan pengelolaan hasil laut dengan cara yang pertama menyelidiki mengapa perlunya pelatihan, yang kedua desain kegiatan pelatihan,evaluasi program pelatihan dan apa tujuan di buatnya program pelatihan tersebut. Pelatihan pengelolaan hasil laut memberikan keterampilan kepada masyarkat dari sumber laut yang dapat di manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
References
[2] Butarbutar, D. 2012. Pengelolaan Kelompok Belajar Usaha (KBU) dalam Pemberdayaan Warga Belajar Budidaya Ikan Nila: Studi Kasus Di Yayasan Pengembangan Masyarakat Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
[3] ] Sudjana, D. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[4] Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
[5] Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2013 Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
[6] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah
[7] Sela, J., Lengkong, V. P. K., & Trang, I. 2018. Pengaruh Kompetensi Dan Desain Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelatihan Guru SMA/SMK/MA Manado Pada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA. 6 (4). 2368 – 2377
[8] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2024 FEBRIANTI FEBRIANTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.