Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Melalui Pemanfaatan Aplikasi Excel For Accounting Pada UMKM Sala Lauak Kito

  • Lisa Amelia Herman Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padan
  • Rangga Putra Ananto
  • Rasyidah Mustika
  • Dedy Djefris
Keywords: pelatihan, pembukuan, keuangan, excel, hpp

Abstract

Kegiatan ini menargetkan peningkatan keterampilan akuntansi dan pembukuan sederhana menggunakan aplikasi excel for accounting untuk menyusun laporan harga pokok produksi dan menyusun laporan keuangan sederhana UMKM "Sala Lauak Kito". Lokasi mitra beralamat di Jl. Rambai Gang 2 No. 10 Purus Baru, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi mitra dimana masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan pemilik dan pengelola dalam hal akuntansi, dan pembukuan hingga menyusun laporan keuangan perusahaan. Pelaksanaannya bertujuan membangun sistem pembukuan berbasis aplikasi excel. Dengan penerapan hasil pelatihan ini diharapkan nantinya usaha mempunyai kegiatan pembukan yang baik dan pembuatan laporan keuangan setiap periode. Mitra mendapatkan pengetahuan, dan peningkatan keterampilan dan kemampuan melalui pelatihan dan pendampingan. Pelaksana kegiatan memiliki kepakaran di bidangnya. Kegiatan dilaksanakan hingga tanggal 16 Oktober 2023. Jasa yang diberikan berupa pelatihan, bimbingan teknis dan pendampingan pengelolaan keuangan, pembukuan dan penyusunan laporan keuangan. Hasil yang diperoleh selama pelatihan telah mampu menghasilkan perhitungan harga pokok produksi dan penyusunan laporan keuangan melalui siklus akuntansi berbasis excel. Luaran yang dicapai dari kegiatan ini berupa publikasi artikel di jurnal pengabdian kepada masyarakat, publikasi berita pada media massa cetak dan luaran lainnya seperti video kegiatan dan lain sebagainya.

References

S. V. S. R. W. A. F. E. T. Dwi Martani, Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK Edisi 2 Buku 1, Jakarta: Salemba Empat, 2016.

E. H. F. O. L. A. H. Dita Maretha Rissi, “Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak “Mind Own Your Business”(MYOB)-For Accounting V. 25 Sebagai Media Pembukuan Pada Toko One Bangunan Kelurahan Bandar Buat Kota Padang,” Akuntansi Dan Manajemen, vol. 15, no. 2, pp. 97-105, 2020.

S. A. F. N. G. M. R. N. F. Novelia Heryani, “Pendampingan penyusunan laporan keuangan UMKM Laura Pulau Harapan berdasarkan SAK EMKM dengan bantuan Microsoft Excel,” Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 6, no. 3, pp. 321-330, 2023.

L. A. H. Syafira Ramadhea Jr, “IBM Pelatihan Dan Pendampingan Peningkatan Keterampilan Akuntansi Dan Manajemen Keuangan Pada Home Industry UD. Cinta Mas,” Jurnal Abdimas: Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 62-68, 2021.

J. S. D. D. Lisa Amelia Herman, “Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Keterampilan Akuntansi Pada UMKM "Sala Lauak Kito",” Literasi: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 198-207, 2023.

Mulyadi, Akuntansi Biaya, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen YKPN, 2015.

H. Nisrina Nur Rohmah, “Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM Berbantuan Microsoft Excel,” Indonesian Accounting Literacy Journal, vol. 1, no. 3, pp. 691-704, 2021.

Published
2024-02-13
Section
Artikel