Workshop Workshop Pencetakan Layout Rangkaian Kontrol PLC Berbasis Arduino pada Papan PCB Di SMK Dhuafa Padang

  • Tri Artono dosen
  • Efrizon Efrizon Politeknik Negeri Padang
  • Dedi Erawadi
  • Firdaus Firdaus
  • Renaldo Alvidril
Keywords: PLC

Abstract

SMK Dhuafa adalah sekolah milik Yayasan Bakti Nusantara Isafat dengan tujuan membantu pendidikan kaum dhuafa dengan mendirikan sekolah gratis. Sekolah kejuruan teknologi satu-satunya yang gratis di- Sumatera Barat adalah sekolah ini. Beberapa bidang keahlian di SMK Dhuafa adalah Teknik Bangunan, Teknik Listrik dan Teknik Mesin.Saat ini SMK Dhuafa sudah memiliki sarana untuk praktikum pengendalian motor tiga phasa menggunakan PLC berbasis papan Arduino baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. PLC ini bersifat open source sehingga dapat dibuat sendiri, oleh karena itu Politeknik Negeri Padang (PNP) berkontribusi memberikan pelatihan kepada siswa untuk dapat membuat PCB PLC berbasis papan Arduino secara mandiri agar nantinya jika fasilitas sekolah tidak mencukupi maka dapat dilengkapi sendiri bahkan dapat melakukan produksi alat tersebut untuk tujuan komersialisasi. Mitra SMK Dhuafa Padang mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PNP karena telah membantu menambah keterampilan siswa. Selain itu SMK Dhuafa Padang berharap kerjasama yang berkesinambungan dengan PNP tetap terjalin dalam inovasi teknologi tepat guna khususnya di bidang pendidikan yang terbukti saat ini membantu mereka dalam melengkapi sarana belajar mengajar.

References

[1] T. Artono, “Pelatihan Pembuatan Solar Cell dari Limbah Transistor 2N3055 sebagai Sumber Energi Alternatif,” Padang, 2018.
[2] R. Risfendra, S. Sukardi, and H. Setyawan, “Uji Kelayakan Penerapan Trainer Programmable Logic Controller Berbasis Outseal PLC Shield Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, p. 48, 2020.
[3] T. Artono, D. Erawadi, Efrizon, and Firdaus, “Programmable Logic Controller ( PLC ) Berbiaya Rendah Berbasis Papan Arduino,” JurnalPengabdian dan PengembanganMasyarakat PNP, vol. 4, no. 1, pp. 25–30, 2022.
[4] https://www.tokopedia.com/raftech/pcb-polos-fr4-10x15-cm-fiber-double-side-2-layer-10x15cm-10-x-15-cm?utm_source=google&utm_medium=organic&utm_campaign=pdp-seo
[5] https://www.tokopedia.com/komputertinta/isolasi-selotip-daimaru-tape-1-2-in-x-72-yard?utm_source=google&utm_medium=organic&utm_campaign=pdp-seo
[6] https://shopee.com.my/100pcs-A4-Inkjet-Laser-Printing-Transparency-Film-Paper-medal-sticker-i.138832275.2260158885
[7] https://autan.id/id-id/product
[8] https://www.perabotplastik.com/product/detail/177/category/4/subcat/25
[9] https://shopee.co.id/FeCl-Ferric-Chloride-Pelarut-PCB-1-kg-i.45755353.7937289469
Published
2024-03-12
Section
Artikel