Evaluasi dan Desain Kinerja Lalu Lintas Pada Kawasan Rencana Pembangunan Kantor Bumi Siak Pusako Di Kota Pekanbaru
Abstract
PT. Bumi Siak Pusako (BSP) salah satu perusahaan yang menjalankan usaha perminyakan di Provinsi Riau berencana akan membangun kantor yang berlokasi di pusat kota tepatnya pada Jalan Sudirman Kota Pekanbaru. Rencana Pembangunan Kantor PT. Bumi Siak Pusako (BSP) akan dibangun dengan keluasan 7.390 m2. Dalam mendukung kegiatan usahanya Kantor PT. Bumi Siak Pusako (BSP)akan dibangun 6 (enam) lantai dengan keluasan masing- masing lantai 1.100 m2. Pada lantai dasar diperuntukkan untuk lobby dan ruang retail sewa tipe 96 dan 36, sedangkan bangunan lantai 2 (dua) – 6 (enam) diperuntukkan Perkantoran Sewa dan Ruang Rapat Sewa. Diperkirakan Rencana Pembangunan Kantor PT. Bumi Siak Pusako (BSP) diprediksi akan membangkitkan dan menarik perjalanan rata-rata sebesar 150 kendaraan/jam (Dirjen Hubdat,1998). Besarnya bangkitan dan tarikan perjalanan Kantor PT. Bumi Siak Pusako (BSP) yang baru tentunya akan menimbulkan dampak lalu lintas pada Jalan Sudirman karena adanya bangkitan dan tarikan perjalanan baik selama kegiatan pra kontruksi maupun saat pasca konstruksi. Tujuan penelitian ini Menganalisis kinerja lalu lintas kondisi eksiting dengan beberapa parameter penilaian antara lain derajat kejenuhan, kecepatan, panjang antrian dan tundaan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : Adanya pembangunan PT. Bumi Siak Pusako memberikan dampak penurunan kinerja terhadap kinerja lalu lintas, dimana V/C Ratio Tertinggi terdapat pada jalan Sudirman Sudirman Selatan (Harapan Raya) dengan V/C Ratio diatas 0.90 atau LoS E
References
Al-Masaeid, Hashem R, 1999, Capacity of U-turn at median openings,Washington. Institute of Transportation Engineers Journal. Vol 69 No 6
Agah, Heddy. 2007. Perhitungan Tundaan Pada Fasilitas Putaran Balik Arah (U- Turn) Di Jakarta. Jakarta
Black, J.A. (1981) Urban Transport Planning: Theory and Practice, London Cromm Helm
Bourne, Larry S. (ed.). (1971). Internal Structure of the City. Oxford University Press. New York.
BPTD Wilayah IV (2019), Laporan Tahunan Volume Lalu Lintas, Pekanbaru, Riau
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011tentang Manajemen dan rekayasa Lalu Lintas, Analisis Dampak serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas, Kementerian Perhubungan
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas 2015, Kementerian Perhubungan, Jakarta
Pemodelan Transportasi. Bandung; Penerbit ITB
Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Kementerian Perhubungan
Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Setjowarno, D. dan Frazila, R.B (2001) Pengantar Sistem Transportasi. Edisi pertama. Semarang: Penerbit Universitas Katolik Soegijapranata.
Suwardjoko, Warpani, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Bandung: ITB
Setiawan, Andi. 2017. Analisis Kinerja Lalu Lintas si Jalan Sekitar Terminal CPPA Bungaya Gowa. Universitas Hasanuddin. Makasar
Shobirin, Handika,2015. Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan dan Simpang Pada Jalan Pucang Anom Timur dan Jalan Pucang Anom Kota Surabaya. Institut Teknologi, Surabaya Savira, dkk, 2019, Analisis Kinerja Lalu Lintas di Jalan Hypermart Jl. Veteran, Penanggungan Klojen, Malang. Jurmatek Vol 2 No 2
Tamin, O.Z. (2000) Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Edisi Kedua. Bandung; Penerbit ITB
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan, Jakarta
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.