Analisis Rute Ambulan Desa Menuju UGD Berdasarkan Waktu Tempuh Perjalanan Menggunakan SIG di Kabupaten Jember

  • Zahra Hikmah Hayati Universitas Jember
  • Akhmad Hasanuddin Universitas Jember
  • Paksitya Purnama Putra Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember
Keywords: Rute, ArchGIS, Ambulan, UGD, Kabupaten Jember

Abstract

Kepadatan lalu lintas akan mempengaruhi kelancaran pelayanan darurat mobil ambulan. Salah satu solusi untuk meminimalisir dan menghindari masalah ini adalah dengan menemukan rute yang lebih optimal untuk dilalui berdasarkan jarak terdekat dan waktu tercepat untuk mencapainya. ArcGIS dapat memberikan informasi yang mendekati kondisi nyata, serta memprediksi keputusan strategis seperti menentukan rute. Network analyst yang merupakan salah satu fitur dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang ada di ArcGIS dapat digunakan dalam menentukan rute. Objek penelitian ini adalah kelurahan-kelurahan di Kabupaten Jember, dan lokasi tujuannya adalah Unit Gawat Darurat Rumah Sakit di Kabupaten Jember. Hasil analisis menunjukkan, rute optimal untuk ambulan desa dari Karangrejo, Kranjingan, Muktisari, dan Wirolegi menuju ke UGD Rumah Sakit Bina Sehat. Kelurahan Baratan menuju UGD pada Rumah Sakit Dr. Soebandi. Kelurahan Antirogo dan Patrang menuju UGD Rumah Sakit Baladhika Husada. Kelurahan Kebonsari, dan Sumbersari menuju UGD Rumah Sakit Jember Klinik.

References

Anonim. Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Vol.780112. Bandung: PT. Bina Karya Persero.

Anonim. Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia tahun 2001. Standarisasi Kendaraan Pelayanan Publik. 23 Februari 2001. Lampiran Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. 2013. Perkembangan Banyaknya Kendaraan Menurut Jenis Kendaraan di Jember Tahun 2012-2013. (Diakses pada 03 Maret 2020). Tersedia di: https://jemberkab.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. 2019. Jumlah Penduduk Kabupaten Jember tahun 2019 dan 2020. (Diakses pada 03 Maret 2020). Tersedia di: https://jemberkab.bps.go.id/

Hannawati, A. Thiang, Eleazar. 2002. Pencarian Rute Optimum Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Teknik Elektro, 02(2), 78–83.

Masykur, F. 2014. Implementasi Sistem Informasi Geografis Menggunakan Google Maps Api Dalam Pemetaan Asal Mahasiswa. Jurnal SIMETRIS. V (2): 181-186.

Prahasta, E. 2009. Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika). Modul Basis Data Spasial. Bandung: Informatika.

Roqib, A.D.I., Swasono, W. Retnani. 2014. Sistem Informasi Geografis Pencarian SPBU Terdekat Dan Penentuan Jalur Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra di Kabupaten Jember Berbasis Web. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa Yahun 2014.

Tamin, O. Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Jurusan Teknik Sipil. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Zul, A.H. Marpaung, SM. 2017. Analisis Waktu Tempuh Kendaraan Bermotor Dengan Metode Kendaraan Bergerak. Jom FTEKNIK Fakultas Teknik: Universitas Riau.

Published
2020-10-31
How to Cite
Hayati, Z., Hasanuddin, A., & Putra, P. (2020). Analisis Rute Ambulan Desa Menuju UGD Berdasarkan Waktu Tempuh Perjalanan Menggunakan SIG di Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 17(2), 180-191. https://doi.org/10.30630/jirs.12.2.378
Section
Articles