Implementasi Waste Management Pada Proyek Konstruksi Perumahan untuk Mendukung Bangunan Ramah Lingkungan

  • Ester Klaudia Tamara Universitas Palangka Raya
  • Subrata Aditama K.A. Uda Universitas Palangka Raya
  • Waluyo Nuswantoro Universitas Palangka Raya
Keywords: Waste Management, Perumahan, Developer, WMPET.

Abstract

Berkembangnya suatu daerah sangat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian, perkembangan tersebut didukung oleh berbagai sektor salah satunya sektor konstruksi. Sektor konstruksi memiliki dampak negatif terhadap lingkungan yaitu masalah limbah. Oleh sebab itu diperlukan waste management yang tepat dan efektif. Salah satu metode untuk mengetahui tingkat penerapan waste management dalam pelaksanaan proyek konstruksi adalah dengan melakukan penilaian terhadap setiap tindakan penanganan limbah dalam suatu proyek konstruksi, salah satunya dapat dinilai menggunakan metode Waste Management Performance Evaluation Tool (WMPET). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi waste management yang dominan dan untuk menghitung nilai seberapa efektif implementasi waste management yang telah dilakukan oleh developer. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara terhadap developer yang terdaftar dan memiliki keanggotaan aktif di DPD REI Kalimantan Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator implementasi waste management yang paling dominan pada proyek konstruksi perumahan di Kota Palangka Raya adalah mencegah pemesanan material yang berlebihan, menggunakan material sesuai standar yang ditetapkan, dan mengurangi risiko kehilangan material selama proses pengangkutan dan penyimpanan. Nilai hasil perhitungan keefektifan waste management berdasarkan penilaian (WMPET) didapatkan sebesar 543,96 dari nilai 1000. Nilai tersebut berada pada rentang indeks 401 – 600 dan mendapat predikat buruk yang berarti bahwa manajemen limbah konstruksi pada perumahan oleh developer di Kota Palangka Raya tidak efektif untuk mengurangi limbah konstruksi maupun meningkatkan kegiatan daur ulang limbah konstruksi.  Selanjutnya saran yang diberikan dari penelitian ini, diharapkan developer mempertimbangkan upaya membuat perencanaan manajemen limbah pada proyek konstruksi perumahan untuk meningkatkan keefektifan waste management karena manajemen limbah konstruksi hanya berdasarkan kebiasan dan kebijakan pekerja dalam menangani limbah, diharapkan pihak pemerintah dapat mempertimbangkan untuk mengadakan sosialisasi/pelatihan tentang manajemen limbah konstruksi kepada developer yang berguna untuk meningkatkan penerapan manajemen limbah pada proyek perumahan.

 

References

Badan Pusat Statistik (BPS) diaksels dari https://kaltelng.bps.gol.id/ , diaksels pada tanggal 10 Marelt 2023 pukul 18.10 WIB.

Elldanari, D. ; Gaweli, A. B. P. ; Uda, S. A. K. A. (2016). Nol Titlel. Studi Pelrselpsi Invelstolr Dalam Pelmbellian Rumah Tolkol (Rukol) Di Kolta Palangka Raya, 2, 1.

Harelfa, M. B. (2020). Implelmelntasi Manajelmeln Pelngollahan Limbah Kolnstruksi Dalam Melwujudkan Greleln Colnstructioln (Studi Kasus: Pelmbangunan Transmart Carrelfolur Padang). JUITElCH: Jurnal Ilmiah Fakultas Telknik …, 4(1), 20–30. http://polrtalunivelrsitasquality.ac.id:5388/oljssystelm/indelx.php/JUITElCH/articlel/vielw/352.

Hartolnol, W., Akbar, T., & Sugiyartol. (2016). Elvaluasi Sistelm Manajelmeln Limbah Kolnstruksi Pada Kolntraktolr Pelmbangunan Geldung Di Kolta Surakarta Untuk Melndukung Greleln Colnstructioln. El-Jurnal Matriks Telknik Sipil, Juni 2016, 505–513.

Hastuti, S. P., Habsya, C., & Suciptol, T. L. A. (2015). Wastel Managelmelnt Pada Prolyelk Pelmbangunan Geldung Selbagai Bagian Dari Upaya Pelrwujudan Greleln Colnstructioln (Studi Kasus : Pelmbangunan Geldung–Geldung Di Univelrsitas Selbellas Marelt Surakarta). Pelndidikan Telknik Bangunan, 6(6), 1–10.

Kim, J. H., Kim, J. M., Cha, H. S., & Shin, D. W. (2006). Delvellolpmelnt olf thel colnstructioln wastel managelmelnt pelrfolrmancel elvaluatioln tololl (WMPElT). 2006 Prolceleldings olf thel 23rd Intelrnatiolnal Sympolsium oln Rolboltics and Autolmatioln in Colnstructioln, ISARC 2006, 263–268.

Ma’aruf. A, Kustiani, I dan Arifaini, N. (2017). Pelrselpsi Melngelnai Manfaat Manajelmeln Limbah Kolnstruksi Studi Kasus Prolyelk Kolnstruksi di Bandar Lampung.

Muhidin, Sambas Ali, dan Maman Abdurahman. (2017). Analisis Kolrellasi, Relgrelsi, dan Jalur Dalam Pelnellitian Dilelngkapi delngan Aplikasi Prolgram SPSS. Bandung: CV Pustaka Seltia.

Nashruddin, A. Z., & Rachmawati, F. (2022). Analisis Elvaluasi Wastel Managelmelnt pada Prolyelk Kolnstruksi Geldung di Kolta Surabaya. Jurnal Aplikasi Telknik Sipil, 20(3), 363.

Putra, I. G. P. A. S., Damayanti, G. A. P. C., & Delwi, A. A. D. P. (2018). Pelnanganan Wastel Matelrial Pada Prolyelk Kolnstruksi Geldung Belrtingkat. Jurnal Spelktran, 6(2), 176–185.

Seltiawan, B., & Kolvizal, R. (2023). Elvaluasi Sistelm Manajelmeln Limbah Kolnstruksi Pada Kolntraktolr Pelmbangunan Pelrumahan Di Kolta Tarakan Belrbasis Greleln Colnstructioln. Civil Elnginelelring Scielntific Jolurnal.

Sugiyolnol. (2010). Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabelta.

Sugiyolnol. (2022). Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabelta.

Triandini, A., Waluyol, R., & Nuswantolrol, W. (2019). Kolnselp dan Pelnelrapan Wastel Manajelmelnt Pada Kolntraktolr di Palangkaraya. Jurnal Telknika, 2(2), 90–100.

Uda, S. A. K. A., Nuswantolrol, W., & Lelstari, P. Ol. (2022). Idelntifikasi Pelnanganan Wastel Matelrial Belrdasarkan Pandangan Kolntraktolr Dan Kolnsultan Kolta Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Delsain & Kolnstruksi, 21(1), 15–25.

Widiyantol, J. (2010). SPSS folr Windolws untuk Analisis Data Statistik dan Pelnellitian. BP-FKIP UMS.

Yang dan Millelr. (2008). Karaktelristik Relspolndeln. Jakarta : Elrlangga.

Published
2024-04-02
How to Cite
Tamara, E., K.A. Uda, S., & Nuswantoro, W. (2024). Implementasi Waste Management Pada Proyek Konstruksi Perumahan untuk Mendukung Bangunan Ramah Lingkungan. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 21(1), 26-38. https://doi.org/10.30630/jirs.v21i1.1226