Persepsi Nilai dan Persepsi Merek serta Persepsi Harga bagi Konsumen terhadap Wisata Syariah di Pantai Padang
Abstract
Sharia tourism is a variety of tourism activities supported by facilities and services provided by the community, government and local government in accordance with sharia principles. Padang Beach as one of the sharia tourist destinations in Padang is also increasingly improving to produce images as family tourism and sharia tourism. Changes at Padang Beach today will certainly change consumer perceptions of Padang Beach. Therefore the formulation of the problem in this study is how the perception of brand values and perceptions as well as the perception of prices for consumers towards sharia tourism on Padang Beach. The purpose of this study was to find out how the level of perceived value, brand perception and perceived price for consumers towards sharia tourism on Padang Beach. This study uses quantitative research methods. The population in this study were visitors who had visited Padang Beach before and after the renovated Padang Beach. Samples were taken as many as 70 samples with purposive sampling method. The data analysis technique used in this study was descriptive statistical analysis and Likert Scale analysis.
The results showed that the perception of consumer value on sharia tourism is good, the perception of consumer brands on sharia tourism is good and the perception of consumer prices on sharia tourism is good. So it can be concluded that consumer perceptions of sharia tourism on Padang Beach are currently good.
Abstrak
Pariwisata syariah adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pemerintah dan pemerintah daerah sesuai prinsip syariah. Pantai Padang sebagai salah satu destinasi wisata syariah di Padang juga semakin berbenah untuk menghasilkan citra sebagai wisata keluarga dan wisata syariah. Perubahan di Pantai Padang saat ini tentunya akan merubah persepsi konsumen terhadap Pantai Padang. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat persepsi nilai dan persepsi merek serta persepsi harga bagi konsumen terhadap wisata syariah di Pantai Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat persepsi nilai, persepsi merek dan persepsi harga bagi konsumen terhadap wisata syariah di Pantai Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah mengunjungi Pantai Padang sebelum dan sesudah Pantai Padang direnovasi. Sampel diambil sebanyak 70 sampel dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi nilai konsumen terhadap wisata syariah adalah baik, persepsi merek konsumen terhadap wisata syariah adalah baik dan persepsi harga konsumen terhadap wisata syariah adalah baik. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi konsumen terhadap wisata syariah di Pantai Padang saat ini sudah baik.