Perancangan dan Analisa Sistem Kemudi Prototype Mobil Diesel Hemat Energi (MARAPI EVO 2)

  • Tariq Fajri Ma'arif Politeknik Negeri Padang
  • Zulhendri Zulhendri Politeknik Negeri Padang
  • Menhendry Menhendry Politeknik Negeri Padang
  • Elvis Adril Politeknik Negeri Padang
  • Asmed Asmed Politeknik Negeri Padang
  • Mulyadi Mulyadi Politeknik Negeri Padang
Keywords: Sistem kemudi, , torsi kingpin, ackerman, tie rod, sudut belok

Abstract

Kelangkaan bahan bakar fosil merupakan topik yang menjadi sorotan berbagai negara di dunia. Bentuk kepedulian mahasiswa dengan berkompetisi pada ajang KMHE kelas prototype dengan membuat kendaraan dengan bahan bakar solar. Bagian utama dari kendaraan tersebut adalah sasis, bodi dan sistem kemudi. Komponen kemudi merupakan suatu komponen dalam sistem penggerak dalam kendaraan. Perancangan ini diawali dengan mengetahui titik berat kendaraan, sudut belok minimal serta mengetahui torsi kingpin. Pada perancangan ini semua komponen steering dipasang pada dudukan yang disesuaikan pada prototype mobil diesel

. Pada hasil perancangan ini didapat sudut belok Minimal roda bagian dalam didapat sebesar 13,98 dan sudut belok roda bagian luar sebesar 12,57.   Titik berat pada perancangan ini sebesar 1,08 meter bila diukur dari sumbu roda depan dan 0,57 meter bila diukur dari sumbu roda depan

References

I. K. Reksowardojo, E. Firmansyah, B. A. Dwiyantoro, D. Widhiyanuriyawan, A. S. Baskoro, and W. Witantyo, “Pedoman kontes mobil hemat energi tahun 2021,” 2021.

T. A. Motor, New Step 2. Jakarta, Indonesia: Toyota Astra Motor, 1994.

G. Mezitama, “Perancangan Sistem Kemudi Dan Sudut Slip Ban Pada Kendaraan Hemat Energi (Studi Pada Kendaraan Mesin Berkapasitas 100 Cc).” UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2014.

D. I. Fajar, “Analisa Sistem Kemudi Mobil Listrik Brajawahana ITS Terhadap Kondisi Ackerman,” Tek. Mesin, Fak. Teknol. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Novenmber, 2015.

Sularso and K. Suga, Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin. Pradnya Paramita.

I. N. dan B. S. Sutantra, Teknologi Otomotif. Surabaya: Guna Widya, 2010.

M. M. P. MT, Steering Geometri Kendaraan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2004.

E. P. Popov, Mekanika Teknik (Mechanics Of Material), vol. 2. 2014.

R. C. Hibbeler, Mechanics of Materials Tenth Edition in SI Units. 2018.

P. H. Winingsih and H. Hidayati, “Eksperimen Gaya Gesek Untuk Menguji Nilai Koefisien Gesekan Statis Kayu Pada Kayu Dengan Program Matlab,” Sci. Tech J. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 121–126, 2022, doi: 10.30738/jst.v3i2.1919

Published
2024-07-08