Rancang Bangun Mesin Sikat Karpet Semi Otomatis Untuk Rumahan

  • Farid Muhammad Politeknik Negeri Padang
  • Asmed Asmed Politeknik Negeri Padang
  • Yuliarman Yuliarman Politeknik Negeri Padang
  • Daddy Budiman Politeknik Negeri Padang
  • Rakiman Rakiman Politeknik Negeri Padang
  • Ichlas Nur Politeknik Negeri Padang
  • Khaliq Ramadhoni Politeknik Negeri Padang
Keywords: semi automatik, mesin sikat karpet, pembersihan konvensional, kecepatan sikat

Abstract

Mesin sikat karpet semi otomatis adalah sebuah perangkat yang dirancang untuk membersihkan karpet dengan efisiensi dan kemudahan penggunaan. Mesin ini memiliki beberapa fitur utama, termasuk sikat berputar yang dapat membersihkan karpet dengan grime dan kotoran yang menempel pada serat karpet. Mesin ini juga dilengkapi dengan sistem semi otomatis, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol beberapa aspek operasi, seperti arah pergerakan mesin, kecepatan sikat, dan tingkat tekanan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan mesin dengan kebutuhan pembersihan karpet yang berbeda. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan sistem penyedot debu dan kotoran yang efisien, sehingga hasil pembersihan karpet menjadi lebih optimal. Mesin sikat karpet semi otomatis ini memiliki potensi untuk menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembersihan karpet, serta meningkatkan hasil akhir dengan membersihkan kotoran yang sulit dijangkau oleh metode pembersihan konvensional. Dengan demikian, mesin sikat karpet semi otomatis ini merupakan solusi inovatif untuk pembersihan karpet yang efisien dan efektif, dengan potensi untuk digunakan di berbagai lingkungan, termasuk rumah tangga, hotel, kantor, dan lainnya. Penelitian ini dalam tahapan prototype. Sehingga perlu tahapan penelitian berikutnya untuk diproduksi masal

References

M. Ramdhan and V. L. D. Pasaribu, Manajemen Sumber Daya Manusia. Pascal Books, 2022.

J. E. Shigley, C. R. Mischke, and R. G. Budynas, Mechanical Engineering Design. in McGraw-Hill series in mechanical engineering. McGraw-Hill, 2004. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=j8xscqTxWUgC

A. Febriansyah, D. Tania Pasha, and H. Fikri, “Alat Pembersih Karpet 3 in 1 Semi Otomatis Untuk Mesjid Al Ridho Sungailiat,” J. Pengabdi. Masy. Polmanbabel, vol. 2, no. 01, pp. 18–23, 2022, doi: 10.33504/dulang.v2i01.195.

N. Aini, S. Sinurat, and S. A. Hutabarat, “Penerapan Metode Simple Moving Average Untuk Memprediksi Hasil Laba Laundry Karpet Pada CV. Homecare,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 167–175, 2018.

B. Setiawan, G. Hidayat, and R. Effendi, “Pengembangan Desain Model Dan Prototipe Mesin Sikat Karpet Mekanik Dengan Penggerak Motor Listrik,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.24127/trb.v7i1.696.

Y. Y. Anissa Vivia Fidela, Dandi Ilham, Haris, Ruzita Sumiati, Yuliarman, “Perancangan Mesin Pencuci Karpet Menggunakan Tabung Cairan Deterjen,” J. Tek. Mesin, vol. 15, no. 1, pp. 26–32, 2022.

A. W. Boundy, Engineering Drawing. McGraw-Hill Education (Australia) Pty Limited, 2011. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=OOtZNAEACAAJ

S. Sufiyanto, D. Andrijono, and N. M. Wiyati, “IbM Wirausaha Carpet Laundry Dalam Upaya Peningkatan Teknologi Proses Dan Manajemen Operasional Bisnis,” Abdimas J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 2, no. 1, 2017.

S. M. Peltola, F. P. W. Melchels, D. W. Grijpma, and M. Kellomäki, “A review of rapid prototyping techniques for tissue engineering purposes,” Annals of Medicine, vol. 40, no. 4. 2008. doi: 10.1080/07853890701881788.

S. R. Schmid, B. J. Hamrock, and B. O. Jacobson, Fundamentals of Machine Elements, Third Edition. 2013. doi: 10.1201/b14229.

Published
2024-07-05