Analisa Sistem Kemudi Mobil Marapi Evo 1 Politeknik Negeri Padang KMHE 2021

  • As’adurrofiq As’adurrofiq Politeknik Negeri Padang
  • Menhendry Menhendry Politeknik Negeri Padang
  • Asmed Asmed Politeknik Negeri Padang
Keywords: Mobil Marapi Evo 1, Sistem Kemudi, Sudut Belok, Radius Belok, Analisa Buckling

Abstract

Dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi 2021 di Sirkuit Gelora Bung Karno, terjadi insiden mobil terbalik pada Mobil Marapi Evo 1 saat berlomba. Kejadian tersebut dipicu oleh bermanuver pada radius belok 6 meter dengan kecepatan maksimum yang diizinkan sebesar 5,42 m/s. Dalam upaya menganalisis permasalahan ini, spesifikasi awal dari sistem kemudi yang akan dirancang pada kendaraan ditetapkan. Selanjutnya, pengujian dilakukan melalui test drive untuk mengumpulkan data yang relevan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sudut belok pada roda bagian dalam sebesar δ_i = 19,42° dan pada roda bagian luar sebesar δ_o = 17,52°. Gaya yang diperlukan untuk menggerakan sistem kemudi pada kondisi statis adalah sebesar 19,18 N, sementara pada kondisi dinamis adalah 7,7 N. Pada Mobil Marapi Evo 1, besar sudut inner wheel adalah 19,42°, sedangkan outer wheel adalah 17,52°. Selain itu, hubungan antara track width dan wheelbase kendaraan berdampak pada radius belok. Jika track width lebih kecil dari wheelbase, maka radius belok kendaraan akan lebih kecil. Dengan mempertimbangkan regulasi KMHE 2021 yang membatasi radius belok maksimal menjadi 8 meter atau kurang, kendaraan Mobil Marapi Evo 1 mampu mengatasi radius belok 6 meter dengan menggerakan roda kemudi sebesar 20,66°. Analisis buckling juga dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SolidWorks. Kriteria keamanan didefinisikan dengan mengamati load factor pada tie rod. Jika load factor ≥ 1, maka komponen dianggap aman; sebaliknya, jika load factor < 1, maka komponen tersebut dianggap tidak aman untuk digunakan.

References

A. Nurrahman, Y. Dewanto, and E. Maulana, “Pemodelan dan Simulasi Stabilitas Sistem Kemudi Sepeda Motor Roda Tiga untuk Penyandang Disabilitas,” Teknobiz J. Ilm. Progr. Stud. Magister Tek. Mesin, vol. 8, no. 2, pp. 69–75, 2018.

W. T. Putra and M. Malyadi, “Analisa Uji Performasi Sistem Kemudi, Trnasmisi, dan Sistem Pengereman pada Mobil Listrik Tipe Urban Concept Warok V.1.1,” R.E.M. (Rekayasa Energi Manufaktur) J., vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.21070/r.e.m.v5i1.891.

I. K. Reksowardojo, E. Firmansyah, B. A. Dwiyantoro, D. Widhiyanuriyawan, A. S. Baskoro, and W. Witantyo, “Pedoman kontes mobil hemat energi tahun 2021,” 2021.

D. Pratama, “Perancangan Kemudi Kendaraan Listrik Penghindar Halangan Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy,” J. Tek. Elektro ITP, vol. 9, no. 1, 2020, doi: 10.21063/jte.2020.3133906.

I. Adzanta and U. Wasiwitono, “Perancangan dan Analisa Sistem Kemudi Narrow Tilting Vehicle dengan Variasi Trackwidth dan Panjang Suspensi Arm,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, pp. E128–E133, 2016.

S. Prasetya, “SISTEM BANTUAN KEMUDI KENDARAAN ALAT BERAT JARAK JAUH,” J. Poli-Teknologi, vol. 21, no. 2, 2022, doi: 10.32722/pt.v21i2.4066.

W. P. Widi, A. Syehan, and D. A. Sumarsono, “Kinematic Analysis of Triple Ball Tie-rod in Ackermann Steering and Tilting Mechanism for Tricycle Application,” in E3S Web of Conferences, EDP Sciences, 2019, p. 1038.

R. P. Restuaji, “Perancangan Dan Analisa Sistem Kemudi Dan Sistem Suspensi Narrow Tilting Vehicle.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016.

D. I. Fajar, “Analisa Sistem Kemudi Mobil Listrik Brajawahana ITS Terhadap Kondisi Ackerman,” Tek. Mesin, Fak. Teknol. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Novenmber, 2015.

P. Gautam, S. Sahai, and S. S. Kelkar, “Designing variable ackerman steering geometry for formula student race car,” Int. J. Anal. Exp. Finite Elem. Anal., vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2021.

Published
2024-07-08
Section
Articles