Analisis Peforma Dan Komsumsi Bahan Bakar Pada Honda Tiger 2006 Menggunakan Piston Standar Dan Piston Pro Neotech

  • Muchlisinalahuddin Muchlisnalahuddin Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Riza Muharni Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Usriadi Usriadi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Keywords: Piston, Compression ratio, Power, Torque and fuel consumption

Abstract

the engine performance is very important at the automotive world, especially on 4-stroke motorcycles, where most people want the engine performance to be better and more economically. In this case to improve engine performance is done by changing the piston on the motor. With a different piston shape can increase the compression ratio. The purpose of this study is to determine changes in compression ratio, torque, power and fuel consumption, after replacing the piston. The test was carried out on a 2006 Honda Tiger, with a standard piston specification with a diameter of 64.5 mm (flat surface) and replaced with a 64.5 mm pro newtech piston (convex surface) by using Pertamax 92 fuel. The results obtained from the comparison of the compression value of 1, 6 : 1, 12.65 ft-lbs of torque, and 2.87 ft-lbs of power so that fuel consumption increases by 5.685%

Author Biography

Muchlisinalahuddin Muchlisnalahuddin, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik

References

I. Dewa, K. Muku, I. Gusti, and K. Sukadana, “Pengaruh Rasio Kompresi terhadap Unjuk Kerja Mesin Empat

Langkah Menggunakan Arak Bali sebagai Bahan Bakar,” J. Ilm. Tek. Mesin CakraM, vol. 3, no. 1, pp. 26–32, 2009.

U. S. Dharma and T. H. Wahyudi, “Pengaruh Volume Ruang Bakar Sepeda Motor Terhadap Prestasi Mesin

Sepeda Motor 4-Langkah,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, 2017, doi: 10.24127/trb.v4i2.77.

N. A. Ryanto, N. A. Wigraha, and K. R. Dantes, “Pengaruh Pemotongan Permukaan Penutup Ruang Bakar

Pada Kepala Silinder Terhadap Daya Dan Torsi Pada Motor Jupiter Z,” J. Pendidik. Tek. Mesin Undiksha, vol.

, no. 1, p. 31, 2018, doi: 10.23887/jjtm.v6i1.11510.

P. Dikonversi, “Dikonversi,"Vol.148

F. Wijayanti and D. Irwan, “Analisis Pengaruh Bentuk Permukaan Piston Terhadap Kinerja Motor Bensin,” J.

Ilm. Tek. Mesin Unisma “45” Bekasi, vol. 2, no. 1, p. 98156, 2014.

P. Magister, B. Keahliah, R. Konversi, J. T. Mesin, and F. T. Industri, “Injeksi Serta Ignition Timing Terhadap

Unjuk Kerja Dan Emisi Gas Buang Engine Honda Cb150R Berbahan Bakar Campuran Bioetanol and Mapping of Injection Duration and Timing Ignition Cb150R Mixed Bottle Bioetanol 85 % and Pertamax 15 %,” 2017.

D. T. Mesin, F. Teknik, U. N. Surabaya, J. T. Mesin, F. Teknik, and U. N. Surabaya, “Modifikasi Rasio Kompresi

Pada Sepeda Motor Yamaha Forceone Tahun 1993 Rahman Alfarizi Dwi Heru Sutjahjo,” pp. 33–38, 2006.

Susilo, “Modifikasi Cylinder Head Terhadap Unjuk Kerja Sepeda Motor,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9,

A. Salim, F. W. Setiawan, and M. A. Albanjari, “Perbandingan Piston Standar Dan Piston Semi Racing Terhadap Tekanan Kompresi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Motor Satria F150,” JMIO J. Mesin Ind. dan Otomotif, vol. 1, no. 02, 2020, doi: 10.46365/jmio.v1i02.380.

Aprian Fadhlu Rahman, Armila, and Rudi Kurniawan Arief, “Analisis Pengaruh Jumlah Lubang Nozzle Injektor

terhadap Torsi pada Pembesaran Piston Motor Matic Injection,” TEKNOSAINS J. Sains, Teknol. dan Inform.,

vol. 9, no. 1, pp. 29–39, Jan. 2022, doi: 10.37373/tekno.v9i1.139.

M Bagus Anggoro, Armila, and Rudi Kurniawan Arief, “Analisis Variasi Busi Terhadap Performa dan Bahan

Bakar Motor Bensin 2 Langkah Yamaha F1ZR 110CC,” JTTM J. Terap. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, pp. 61–68, Oct.

, doi: 10.37373/jttm.v2i2.137.

Andik Irawan, Karakteristik Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah Dengan Variasi Volume Silinder Dan

Perbandingan Kompresi. Jurnal Ilmiah INOVASI, Vol.15 No. 1 Hal. 47 – 51, Januari – April 2015, ISSN 1411 -

Published
2022-07-08
How to Cite
Muchlisnalahuddin, M., Muharni, R., & Usriadi, U. (2022). Analisis Peforma Dan Komsumsi Bahan Bakar Pada Honda Tiger 2006 Menggunakan Piston Standar Dan Piston Pro Neotech. Jurnal Teknik Mesin, 15(1), 32-39. https://doi.org/10.30630/jtm.15.1.784

Most read articles by the same author(s)