Pengembangan Media Ajar di Mts Muhammadiyah Sarwodadi

  • Winny Setyonugroho Magister Administrasi Rumah Sakit, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Gedung Pascasarjana Kampus Terpadu UMY JL. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
  • Amirul Auzar Ch Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI, Universitas Indonesia), Jl. Prof. DR. Selo Soemardjan, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
Keywords: Media Ajar, Mini Studio, Pelatihan Video, Pengabdian Masyarakat, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Media video pembelajaran dalam proses belajar-mengajar sangat penting di era saat ini, karena pembelajaran modern menggabungkan antara teknologi dan pendidikan dalam proses belajar-mengajar. Guru seharusnya mampu menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran yang lebih interaktif, kolaboratif, dan eksperiensial yang akan menampilkan konektivitas teknologi dengan para siswa. Pemilihan MTs Muhammadiyah Sarwodadi sebagai subjek pengabdian didasarkan pada hasil observasi tim pengabdian bahwasannya MTs ini masih menggunakan sistem pembelajaran tradisional. Metode tersebut dirasa kurang efektif, pada masa pandemi seperti ini yang menerapkan pembelajaran online. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan. Para guru diberikan materi mengenai pembuatan video ajar yang dapat menarik minat belajar siswa. Selain itu guru yang terlibat dalam pelatihan tersebut juga diajarkan cara menggabungkan setiap komponen tripod, lighting, microphone ke dalam satu paket smartphone. Tahapan pengabdian dalam pelatihan pembuatan video pembelajaran ini berupa: observasi, sosialisasi, pemberian materi, pra produksi (pengoperasian mini studio), proses editing, dan penayangan hasil video. Pelatihan pembuatan video pembelajaran yang interaktif ini mendapatkan apresiasi dari para guru MTs Muhammadiyah Sarwodadi dan berharap akan adanya kegiatan pengabdian yang berkelanjutan.

Published
2022-08-31
Section
Artikel