Technology-Enhanced Language Teaching Untuk Meningkatkan Kreativitas Pengajaran Bahasa Inggris Bagi Guru SMK di Kota Padang

  • Desi Yulastri Politeknik Negeri Padang
  • Yaningsih - Politeknik Negeri Padang
  • Sariani - Politeknik Negeri Padang
  • Mutia El Khairat Politeknik Negeri Padang
  • Muthia Damaiyanti Politeknik Negeri Padang
Keywords: Kahoot, Quizizz, SMK, Technology-Enhanced, Language Teaching

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang diadakan oleh tim PKM dari Jurusan Bahasa Inggris, Politeknik Negeri Padang (PNP), ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada guru Bahasa Inggris di lingkungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Padang tentang pembelajaran Bahasa berbasis pemanfaatan kemajuan tekhnologi. Tim PKM memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi dalam jaringan (daring) yakni Kahoot dan Quizziz untuk pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMK. Pelatihan diadakan selama 32 jam secara daring karena adanya pembatasan kegiatan terkait pandemi Covid-19 di Kota Padang. Dalam kegiatan ini peserta dilatih untuk mampu membuat akun Kahoot dan Quizziz, merancang kuis dan bantuan visual untuk kegiatan belajar mengajar, menerapkan penggunaan  Kahoot dan Quizziz untuk siswa, serta menngunduh hasil kerja siswa sehingga memudahkan para pengajar dalam proses penilaian kuis dan pembelajaran. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan para guru mampu memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya Kahoot dan Quizziz untuk membuat peserta tertarik dan memberikan variasi belajar daring maupun tatap muka di masa yang akan datang.

Published
2021-12-21
Section
Artikel