Pelatihan Strategi Pemasaran dan Service Excellence Dalam Situasi Pandemi Covid 19 Pada Usaha Rumah Seprai Agam Sakato Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

  • Ermataty Hatta POLITEKNIK NEGERI PADANG
  • Dita Maretha Rissi Politeknik Negeri Padang
  • Rasyidah Mustika Politeknik Negeri Padang
Keywords: Strategi Pemasaran, Service Excellence

Abstract

Toko Agam Sakato beralamat di Komplek Unand Blok D kelurahan Bandar buat yang memiliki 8 orang anak jahit. Toko Agam Sakato merupakan usaha rumahan yang memproduksi seprei, bedcover, dan lain-lain. Usaha ini didirikan pada tahun 2010 oleh ibu Novia Hasan. Dari pengamatan dan analisis situasi, permasalahan yang dihadapi oleh pemilik usaha adalah belum menerapkan strategi bisnis seperti belum ada belum ada media promosi untuk memperkenalkan produknya dan hanya menunggu pelanggan yang datang, tidak mampu bersaing karena tidak melakukan inovasi produk, tidak memiliki perencanaan kedepan dan tidak ada kontrol terkait keuangan karena tidak melakukan pembukuan dan berdampak pada sulitnya mengambil keputusan ekonomis. Selain itu, usaha ini juga belum mengenal pentingnya penerapan service excellence yang sangat penting dalam menjalankan usaha.Walaupun terdapat tingginya keinginan berbisnis namun tidak disertai dengan pemahaman strategi manajemen yang baik, maka akan sulit bagi usaha ini untuk bersaing dan berkembang, selain itu, pemberian pelayanan prima juga sangat dibutuhkan untuk menunjukan sikap kepedulian kepada pelanggan. Sehingga fokus masalah yang dihadapi adalah pembenahan masalah strategi manajemen dan pengenalan service excellence. Oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan ini, pemilik usaha mendapatkan pengetahuan dan dapat menerapkan ilmu manajemen bisnis serta service excellent untuk usahanya dengan tujuan meningkatkan profitabilitas dan keberlangsungan usaha dimasa yang akan datang.

Published
2022-08-31
Section
Artikel