Pembuatan Produk Multimedia Untuk Menunjang Kegiatan Pemasaran Mitra UMKM ADMI di Kota Bekasi
Abstract
UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) merupakan unit usaha produktif yang berdiri sendiri, dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Kendala yang sering dihadapi pelaku UMKM adalah kurangnya pemanfaatan produk multimedia dalam operasional usahanya, khususnya di bagian pengenalan produk/pemasaran. Tim pengabdian kepada masyarakat melakukan kunjungan dan mengindetifikasi permasalahan yang dialami oleh mitra UMKM. Tujuan dari kegiatan ini adalah membuatkan produk multimedia yang dapat digunakan mitra untuk mendukung kegiatan pemasaran/pengenalan produk usahanya. Kegiatan pengabdian dilakukan dari tanggal 1-27 Juli 2024. Kegiatan ini melibatkan tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Gunadarma. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dimana tim melakukan identifikasi secara langsung ke lokasi mitra, melakukan diskusi, dan merencanakan produk yang akan dibuat. Selanjutnya tim pengabdian melakukan proses desain yang telah dikonfrimasikan ke mitra. Desain yang telah disetujui kemudian diproduksi dan diserahkan ke mitra. Produk multimedia yang dibuat antara lain berupa stiker kemasan, banner, pamflet digital, dan poster. Produk multimedia diterima oleh mitra dengan baik dan dapat langsung digunakan untuk menunjang kegiatan usaha mitra.
References
[2]. K. A. Cahyono, S. dan S. , “Pengembangan dan Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Poew Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Pencemaran,” JURNAL INKUIRI, vol. 3, no. 3, 2014.
[3]. Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah, Jakarta: Sekretariat Negara, 2008.
[4]. S. K. R. Indonesia, “Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian,” 24 Agustus 2022. [Online]. Available: https://setkab.go.id/upaya-pemerintah-jaga-peran-umkm-sebagai-tulang-punggung-perekonomian/. [Diakses 03 Oktober 2023].
[5]. D. Hartono, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta, Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, 2008.
[6]. N. dan M. R. Ridha, “Perancangan Multimedia Iklan Bisnis Kuliner,” Jurnal Perangkat Lunak, vol. 5, no. 2, 2023.
[7]. W. P. Setioningtyas, I. M. Bagus Dwiarta, R. B. D. Waryanto dan B. Arianto, “Pemanfaatan Multimedia Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Dan Produk Oleh-Oleh Desa Wisata Di Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto,” EKOBIS ABDIMAS, vol. 1, no. 1, 2020.
[8]. S. Supriyandi dan A. Christian, “Produksi Video Profile Sebagai Sebagai Bentuk Promosi Program Studi Penyiaran Berbasis Multimedia,” Jurnal Media Penyiaran, vol. 1, no. 1, 2021.
[9]. W. Hidayat, “Media Visual Berbentuk Katalog Produk sebagai Media Promosi,” Journal Sensi, vol. 2, no. 2, 2016.
[10]. D. I. I. Ulumuddin, D. P. Prabowo dan T. Haryadi, “Katalog Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Koelon Kalie, Krobokan, Semarang,” Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, vol. 2, no. 2, 2016.
[11]. A. B. Wandanaya, E. Febriyanto dan D. Iswara, “Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras,” Mavib Jurnal, vol. 1, no. 1, 2020.
[12]. C. Wibawa dan D. T. Anggraeni, “Desain dan Redesain Produk Multimedia untuk Menunjang Kegiatan UMKM di Kota Bekasi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Bestari, 2023.
Copyright (c) 2025 Condro Wibawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.