Pengaruh Relational Bonds dan Kualitas Produk terhadap Social Media-Word of Mouth pada Msglow Beauty
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relational bond dan product quality terhadap social media word of mouth yang dimediasi oleh brand loyalty pada brand Ms Glow Beauty. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Penentuan sampel sebanyak 250 responden dengan menggunakan metode rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 7%. Kriteria responden dalam penelitian ini, konsumen atau pengguna produk brand MS Glow yang berusia 17 tahun keatas, pernah melakukan pembelian produk brand MS Glow minimal dua (kali), mengikuti akun Instagram @msglowbeauty. Pada penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini yaitu variabel financial bond dan product quality dinyatakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Kemudian, product quality dan brand loyalty dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap social media word of mouth. Sedangkan variabel social bond dan structural bond dinyatakan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap brand loyalty.
Kata Kunci: Ikatan Hubungan, Kualitas Produk, Loyalitas Merek, Kata-Kata dari Mulut Media Sosial