Kajian Literatur di Bidang Pemasaran Digital dengan Pendekatan Grounded Theory

  • Rihan Hafizni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Natoil Natoil Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Sinar Hubtrian Hubtriande
Keywords: Digital Marketing, Grounded Theory, Strauss and Corbin

Abstract

Pertumbuhan pesat pemasaran digital dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong peningkatan minat akademik untuk meneliti dampaknya terhadap perkembangan ilmu pemasaran. Salah satu pendekatan metodologis yang banyak digunakan dalam studi eksploratif adalah grounded theory, khususnya pendekatan yang dikembangkan oleh Strauss dan Corbin. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana penelitian-penelitian dalam bidang pemasaran digital telah selaras dengan tahapan-tahapan metodologi grounded theory menurut Strauss dan Corbin. Data dikumpulkan menggunakan perangkat Publish or Perish dengan kata kunci "digital marketing" dan "grounded theory", difokuskan pada artikel yang terindeks dalam basis data Scopus dan diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2024. Dari total 77 artikel yang ditemukan, dilakukan seleksi berdasarkan relevansi dan kualitas jurnal, sehingga diperoleh 9 artikel yang memenuhi kriteria, termasuk dari jurnal bereputasi Q1, Q2, dan Q3. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar artikel telah menerapkan tahapan grounded theory secara konsisten, mulai dari pengumpulan data terbuka hingga penyusunan kategori inti. Selain itu, sebagian besar studi juga telah memenuhi kriteria keabsahan data dan teoritis sebagaimana disarankan oleh Corbin dan Strauss. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan grounded theory telah digunakan secara adaptif dalam studi-studi pemasaran digital, sehingga membuka peluang untuk pengembangan teori baru yang relevan dengan dinamika era digital.

Published
2025-05-29