PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN TRANS PADANG

  • savira salsabila Mahasiswa
  • Gustina Gustina
  • Ika Yuanita
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian, Trans Padang

Abstract

Masyarakat saat ini banyak yang memilih menggunakan Trans Padang sebagai alternatif Transportasi umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Trans Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google form kepada pengguna layanan jasa transportasi Trans Padang dengan sampel berjumlah 154 responden. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling (sampling insidental). Penelitian ini menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Trans Padang. Kemudian variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Trans Padang. Variabel yang lebih besar pengaruhnya adalah harga, ini menunjukan bahwa kedepannya perusahaan lebih memperhatikan faktor ini. 

Published
2025-05-15