Pengaruh Harga Tiket Masuk Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pulau Pimpiang Alahan Panjang
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh harga tiket terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Pulau Pimpiang Alahan Panjang. Penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data dengan jumlah responden 100 orang. Metode analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Pengujian data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, kemudian dilanjutkan dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, lalu uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS 29 sebagai alat bantu pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; harga tiket masuk berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Hal ini dibuktikan dengan statistik uji t variabel harga tiket masuk dengan nilai t hitung sebesar 6,912 dan t tabel sebesar 1,661, karena t hitung > t tabel maka H1 diterima. Dan bahwa harga tiket masuk berpengaruh terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Pulau Pimpiang dengan R square sebesar 57,3%.